09 Agustus 2009

Sinusitis Vs Akoe

setelah berhari-hari absen dari dunia bloggers gara2 sakit akhirnya hari ini akoe bisa kembali menyapa sahabat semua sekaligus ingin berbagi sedikit cerita dan pengalaman tentang sinusitis, penyakit yang kembali mengganggu akoe setelah sekian lama terabaikan.


'Peradangan pada rongga sinus' alias 'sinusitis' rupanya kembali cari gara2 dengan akoe setelah 6 tahun lalu berhasil dilumpuhkan dokter melalui operasi kecil menggunakan selang di hidung akoe (hii..ngeri banget deh ngebayangin saat itu lagi). kali ini sinusitis mencoba menggerogoti akoe lagi setelah beberapa kali akoe mengalami serangan pilek yang merupakan salah satu hal utama penyebab sinusitis. untungnya kali ini akoe lebih tanggap dan langsung periksa ke dokter THT hingga bisa cepat diobati dan ga bertambah parah. karena penasaran, akoe sempat berkonsultasi panjang lebar dengan dokter dan mengobrak-abrik perpustakaan mbah google yang membuat akoe tau bahwa sinusitis ternyata disebabkan oleh infeksi virus, bakteri ataupun jamur, Peradangan menahun pada saluran hidung (Segala sesuatu yang menyebabkan sumbatan pada hidung dapat menyebabkan sinusitis) dan bisa juga disebabkan oleh bahan bahan iritan seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung, eh..satu lagi Dentogenik/Odontogenik (penyebabnya kelainan gigi), yang sering menyebabkan sinusitis infeksi pada gigi geraham atas (pre molar dan molar). Sinusitis bisa bersifat akut (berlangsung selama 3 minggu atau kurang) maupun kronis (berlangsung selama 3-8 minggu tetapi dapat berlanjut sampai berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun).

Gejala sinusitis yang paling umum adalah sakit kepala, nyeri pada daerah wajah, serta demam. Hampir 25% dari pasien sinusitis akan mengalami demam yang berhubungan dengan sinusitis yang diderita. Gejala lainnya berupa wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan, dan batuk. Beberapa pasien akan merasakan sakit kepala bertambah hebat bila kepala ditundukan ke depan. Pada sinusitis karena alergi maka penderita juga akan mengalami gejala lain yang berhubungan dengan alerginya seperti gatal pada mata, dan bersin bersin.
Sinusitis dapat terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada
ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus. Penyebab lain dari buntunya ostia adalah tumor dan trauma. Drainase cairan mukus keluar dari rongga sinus juga bisa terhambat oleh pengentalan cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi akibat pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lain lain. Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga pengeluaran cairan mukus menjadi terganggu. Cairan mukus yang terakumulasi di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi hidupnya bakteri, virus dan jamur. [disadur dari sini]. kalo mau lihat vidio tentang sinusitis, klik aja disini.
segini dulu ya infonya... di posting berikutnya, insyaAllah akoe akan behas tentang pengobatan sinusitis. komen ya...

5 Tanggapan:

×÷·´¯`·.·•[ peace ]•·.·´¯`·÷× mengatakan...

iya temen gw juga kena sinusitis wa sampai ngga tega klo lagi kambuh,biasanya pas musim kemarau saat jalan mulai berdebu gtu.Oke dech semoga bisa jadi info buat sahabt yang lain.cepet sembuh dan sukses selalu ya.salam indonesia Damai,semoga Alloh swt berikan kesehatan dan kemudahan buat kita semua.amin

Seti@wan Dirgant@Ra mengatakan...

makasih sudah berbagi pengetahuan.

kang-dwi mengatakan...

adek ku juga dulu kena. alhmd pas ketemu orang, trus ikut therapy, sekarang dah sehat.

Pantangannya cuma satu = ES.
jadi aku aman kl makan es cream
wkkkk.
moga2 radang u bisa cepet sembuh sobat.

Link u bentar lagi ta pasang. tinggalin koment dl di link exchange http://kang-dwi.blogspot.com/2009/07/back-link-gratis-blog-friendy.html

Leony Bugil mengatakan...

hmmm... ngebahas apaan seh ini? hehehe..

Saung Web mengatakan...

Waw baru tahu detailnya nih.. jadi gitu ya.. untuk juga aku paling flu n batuk.. hihik.. Syukurlah kalau dah mulai beraktifitas lagi..

Posting Komentar

 

blogger templates