30 Juli 2009

Hadiah Cambukan untuk 'wanita bercelana panjang'


Pagi ini lagi seriuz nyelesaiin kerjaan di kantor, tiba-tiba akoe terhenti dan terbelalak menyaksikan berita di TV tentang perempuan yang terancam hukuman 40 kali cambukan dan denda 250 pound (sekitar 1 juta rupiah) hanya gara-gara iya memakai celana panjang saat bertandang ke sebuah restoran di ibu kota Sudan.
'Lubna Husein' mantan jusrnalis yang kini bekerja di kantor PBB di Sudan, awal Juli ini ditahan bersama 10 perempuan lain karena dianggap mengenakan pakaian tidak layak.
untuk menggalang dukungan, Lubna mencetak 500 kartu undangan dan mengirim e-mail kepada sebanyak mungkin orang agar menghadiri persidangannya di pengadilan. Menurut Lubna, perempuan tidak melanggar hukum syariah Islam karena mengenakan celana panjang. namun bisa melanggar ketentuan dalam undang-undang pidana Sudan yang melarang orang mengenakan busana tidak senonoh. Lubna sendiri bertekat untuk mengubah UU tersebut karena dianggap tidak sesuai dengan konstitusi.
Hmmm... dengan segala keterbatasan pengetahuan-koe, akoe ga' mampu berkomentar apa-apa karena saat ini akoe juga sedang mengenakan celana panjang dan emang hampir tiap hari akoe pake celana panjang seperti kebanyakan wanita di muka bumi ini. setidaknya cewek2 yang mau liburan ke Sudan harus punya persediaan rok dulu deh... hehe... {^_^} komen ya...

4 Tanggapan:

endopicky mengatakan...

ya biasanya hukum itu disesuaikan dengan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku disuatu daerah atau negara,jadi tidaklah bisa sebuah hukum itu diperlakukan sama disetiap negara,kecuali hukum yang bersumber dari agama

digital life mengatakan...

Ga bisa komen apa2 sih kalo sudah masalah intern kenegaraan. Kalo menurut saya sendiri memakai celana panjang itu bukan suatu masalah. toh pake celana panjang atau pake apapun kalo hatinya baik, itu yang paling penting.

[R]ecruit | Field mengatakan...

It's easier to run than face all of this problem alone. Sometimes I remembered the darkness of my past.

adel mengatakan...

aku sich mikirnya tu cewe pantes dapat hukuman. karena setidaknya dia sadari dia berada pada negara yang punya aturan kaya gitu!!
Ya warning aja buat yang lainnya, kalo mau ke sudan bawa rok yaaaa?!!.. Dan jangan bandel.

Posting Komentar

 

blogger templates