02 Maret 2009

BANDA NEIRA


Kepulauan nan eksotis di timur Indonesia saksi hadirnya akoe di dunia 24 tahun lalu [udah tua ya akoe :-)]… bukan sok meng’indah’kan daerah sendiri, tapi Banda Neira emang indah! Dari pemandangan alam di udara, daratan hingga ke dasar lautannya [penduduknya juga indah-indah seperti akoe (hehe..keluar juga narsisnya;)]. Lautannya menjadi salah satu penyumbang ikan terbesar bagi dunia, daratannya menyumbangkan rempah-rempah (pala dan cengkeh) untuk dunia juga. Sampai saat ini akoe masih belum temukan alasan dan dasar2 pasti pembagian wilayah laut di dunia khususnya di Indonesia karena meski banda neira hanya terdiri dari gugusan 9 pulau kecil, tapi miliki area lautan yang berlipat kali luasnya dibanding area daratannya. Tinjau aja di peta, kepulauan banda hanya digambarkan setitik kecil ditengah luas lautan yang berlabel ‘Laut Banda’. Subhanallah…

Merangkak ke daratan, Banda Neira juga menjadi bagian penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia. Jika anda berkunjung ke Banda, sempatkan berjalan kaki atau bersepeda kelilingi daratan pulau Neira (yang menjadi sentra Banda Neira), anda pasti kan temui berbagai situs doeloe peninggalan penjajah (benteng-benteng pertahanan seperti benteng belgica, meriam, dkk) hingga peninggalan para tokoh penting proklamasi Indonesia (rumah pengasingan + benda-benda pribadi Bung Hatta, Sutan Syahril, Dr.Cipto Mangunkusumo,dkk). Ada juga istana mini (katanya sih ‘miniatur istana Merdeka-jkt karena emang mirip banget, termasuk posisi pohon beringin di depannya). Bila masih belum puas bernostalgia kemasa lalu, maka sempatkanlah menyeberang ke pulau2 lain di sekitar neira… disana juga masih banyak situs sejarah yang siap menyambut anda.

Bagi yang merasa bukan sejarawan atau punya trauma dengan masa lalu hingga malas berhubungan dengan sejarah, jangan takut karena Banda Neira juga mahir obati trauma anda lewat alamnya yang menakjubkan. Yang gemar menyelam, kan dipuaskan dengan keindahan bawah laut nan mempesona, yang suka petualang silahkan taklukkan ‘gunung api’, ’banda besar’, ‘papangberek’ dkk, yang nyari ketenangan ada banyak banget pantai indah di tiap sudut hamparan kepulauan Banda, yang percaya mitos dan hal2 aneh diluar nalar juga akan termanjakan di sana.

Perkembangan pendidikan di Banda Neira juga tergolong cepat. Saat ini telah ada 4 sekolah menengah atas dan sedikitnya dua perguruan tinggi strata satu yang berdiri di sana, bahkan salah satu SMA di Banda Neira telah bergelar ‘SSN’ alias Sekolah Standar Nasional dengan fasilitas internet melalui layanan visat.

Wah… kalau akoe disuruh berkisah tentang Banda Neira, emang ga’ ada habisnya…

habisnya, AKOE CINTA BANGET SAMA BANDA NEIRA.


So… jika belum ada planning untuk liburan nanti, kenapa ga’ nyoba berkunjung langsung ke Banda Neira aja…?! Akoe juga pengen pulang ke Banda Neiraaaaa…………… (nen’s;)

cttn: gbr dari berbagai sumber


10 Tanggapan:

faesal mengatakan...

mau dong jalan-jalan kesana,
tapi yang jadi pemandunya nency madong,S.kom yah...!!!!!!

dridzy mengatakan...

waah... meski salah nulis nama, tapi ga apa2 deh :-)
ntar akoe pandu keliling-keliling, yang penting akoe bisa gratiss pulang ke Banda... hehe...

Anonim mengatakan...

bagus banget...brti klo keliling2 ga bakalan capek, kan daratan x lebih kecil

Nen's; mengatakan...

ga juga... tapi emang lebih enak jalan kaki aja keli2ng2.. karena selalu ada sensasi indah ditiap sudutnya ^_^

aan mengatakan...

betapa indahnya indonesiaku,,negeriku tercinta,,i love u pull

mksh dah follow n koment di blogku

Nen's; mengatakan...

makasih juga aan ^_^

hijau mengatakan...

makasih liputannya!

pingin banget kesini. kalo bisa tambahkan cara2 pergi kesini ya..makasih banyak!!

Nen's; mengatakan...

makasih juga komentarnya ^_6

ke Banda Naira, bisa pake Kapal Laut atau Pesawat. kapal Laut (Pelni) ada yang langsung dari pelabuhan Tj.Priuk(jkt) dan Tj.Perak(sby).
kalo mau pake pesawat, harus mampir ke Ambon, dan dari Ambon baru bisa lanjutkan naik pesawat ke Banda Naira.
ditunggu kedatangannya ya...

Dewi Adjah mengatakan...

Trims Mohon ijin mengambil inspirasinya..Aku belumpernah kesana tapi salah seorang yang aku sayangi berasal dari Banda Naira. Ia sangat bangga pada pulau itu.
& Aku melihat dari internet sungguh indah ingin aku kesana..Bang Haris Kasben keindahan yang terselubung dalam kesederhanaanmu telah banyak menunjukan betapa agung karunia Tuhan

Anonim mengatakan...

Kalo dari ambon ke banda naira pesawatnya apaan ya??

Posting Komentar

 

blogger templates